manfaat catur bagi kecerdasan

Posted: March 10, 2011 in pengetahuan umum, Uncategorized
Tags: , ,
catur_raksasa.jpg
Selama ini kita beranggapan catur merupakan permainan biasa, yang umum kita temui dimana-mana. Sebagian besar orang percaya bahwa catur dapat meningkatkan kecerdasan karena permainan ini melatih otah para pemainnya. Apakah hanya sekedar “asah otak”?..Para ahli dan peneliti dunia telah melakukan penelitian tentang hal ini, dan berikut ini adalah sebagian dari hasil-hasil penelitiannya yang cukup mengejutkan..

Pada k0ngres FIDE 1984, komisi catur di sekolah menyajikan laporan peninjauan mereka tentang manfaat catur sebagai bagian dari kurikulum sekolah, yang antara lain: pengembangan memori, peningkatan kreativitas, ppengayaan budaya, dan pengembangan mental.
Albert Frank (1974), dalam tesis doktoralnya, bekerja di Zaire dengan 2 kelompok mahasiswa (pengendali dan penguji) dengan atau tanpa pengajaran catur. Kelompok penguji diperkenalkan dengan catur yang setingkat pemula, sedangkan kelompok pengendali tidak mendapat pengajaran apa-apa. hasilnya, kelompok yang mendapatkan pengajaran catur memperlihatkan peningkatan yang nyata dalam bermacam-macam kemampuan verbal maupun numerik..
Professor Charles Partos (1975) dari Departement of Public Education, Swiss, setelah beberapa tahun menerapkan proyek catur, menyimpulkan bahwa catur dengan nyata dapat merangsang perhatian dan konsentrasi, penilaian dan pengendalian, imajinasi dan antisipasi memori keinginan untuk menang, kesabaran dan pengendalian diri, semangat dalam membuat keputusan dan keberanian, logika matematika, berpikir analitik dan sintetik, kreativitas, kecerdasan, studi metode organisasi, dan bahasa asing. Kesimpulannya diterbitkan di Vide Etude Systematique des Echecs (1978).
George Stephenson (1979), Presiden Sekolah Tinggi Marina, menerapkan proyek catur dalam sekelompok siswa selama 20 hari berturut-turut. Setelah 20 hari berakhir, para guru melaporkan adanya peningkatan akademis sebagai berikut:
  • pencapaian akademis 55%
  • tingkah laku 62%
  • usaha 59%
  • konsentrasi 56%, dan
  • percaya diri 55%.

Hasil-hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa catur secara jelas mengembangkan partisipasi Koefisien Intelektual. Tingkat ini cenderung bertahan bersama waktu, bahkan setelah penggunaan catur tidak dilanjutkan lagi..Marilah kita bermain catur untuk melatih cara berpikir kita…

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s